RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDN 1 Dermosari
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/1
Tahun Pelajaran : 2011/2012
Standar Kompetensi : 3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
Kompetensi Dasar : 3.1 Membaca nyaring dengan melafalkan alphabet dan ucapan yang tepat yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.
Indikator : Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat
Alokasi Waktu : 2x35 menit
Keterampilan : Reading (membaca)
Media : Teks
Tema : Games and Toys
A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.
B. Materi Pembelajaran
Teks sederhana
C. Metode Pembelajaran
• Three phase technique
• Reading aloud
D. Langkah-langkah Pembelajaran
No Langkah Aktivitas Waktu
1. Kegiatan Awal Guru mengucapkan salam
Guru mengintruksikan semua murid untuk berdoa yang dipimpin ketua kelas.
Guru Mengabsen siswa
Guru membacakan tujuan pembelajaran. 5 menit
2. Kegiatan Inti Pre activity
Guru bertanya jawab kepada siswa sebagai brain storming
• Apakah kalian senang ketika bermain?
• Pernahkan kalian bermain dengan teman-teman kalian?
• Permainan apa yang biasanya kalian mainkan?
Whilst activity
• Guru menyuruh siswa untuk membuka LKS hal 24
• Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar membaca teks dibangkunya masing-masing
• Guru menyuruh siswa satu persatu secara bergantian untuk membaca teks sederhana tersebut di depan kelas
• Guru membenarkan siswa apabila ada kesalahan dalam membaca
• Setelah seluruh siswa sudah membaca guru memberikan contoh membaca yang baik.
• Guru menyuruh siswanya untuk memperhatikan apabila ada pembenaran 5 menit
3. Kegiatan Akhir • Guru memberikan kesimpuan
• Guru memimpin do’a
• Guru mengucapkan salam. 5 menit
E. Sumber Pembelajaran
LKS fokus kelas V semester I
F. Penilaian
- Pedoman penilaian
Nilai tiap aspek : 80
Jumlah skor maksimal : 8 X 4
Nilai maksimal : 320
Nilai maksimal : skor perolehan X 100
320
- Rubrik penilaian :
No. Nama Peserta Didik Skor Total
Flu Acc Pron Int
Ket:
Fluency :
50 : sangat kurang lancar
60 : kurang lancar
70 : lancar
80 : sangat lancar
Accurary :
50 : semua ucapan tidak dapat dipahami
60 : sebagian kecil sudah dapat dipahami
70 : sebagian besar ucapan sudah dapt dipahami
80 : semua ucapan dapat dipahami
Pronounciation:
50 : hampir semua ucapan tidak benar
60 : sebagian kecil ucapan sudah benar
70 : sebagian ucapan benar
80 : semua ucapan benar
Intonator :
50 : tekanan/irama semua kata salah
60 : tekanan/irama sebagian kecil kata benar
70 : tekanan/irama sebagian kata benar
80 : tekanan/irama semua kata, frase dan kalimat benar
Trenggalek, 5 Januari 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
TOTOK LINARYANTO, S.Pd SITI FATIMAH, A.Ma
NIP. 198007162010011016 NIP. 198603134010022011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar